Artikel

Juara Nasional Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2020

Penulis : Kahima TMK | Ditebitkan : 07 Desember 2020 | Kategori : Berita Utama

 

Mahasiswa Teknik Manufaktur Kapal Politeknik Negeri Banyuwangi, berhasil menjadi juara dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (7/11). Tim Garuda Layang X dan tim Garuda Layang XIII, Berhasil meraih kategori  khusus The Best Spirit, dan meraih juara III kategori re-designed layout ruang akomodasi penumpang kapal roro.

kontes yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang ini mengusung tema, " Teknologi Kapal Cepat Untuk Menjaga Kedaulatan NKRI di Era Revolusi Industri 4.0 ". Tim KKCTBN Teknik Manufaktur Kapal Poliwangi berhasil memasuki Grand Final dan melampaui tiga tahap yang diikuti 100 tim dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia.

untuk mengikuti kontes itu, Teknik Manufaktur Kapal Poliwangi mempersiapkan enam tim berdasarkan  enam kategori KKCTBN 2020 yang dilombakan, Tim pertama Garuda Layang XI untuk kategori desain rumah sakit tanggap Covid19, Tim Garuda Layang XII untuk kategori desain ambulance tanggap Covid19, Tim Garuda Layang XIII untuk kategori redesain layout  ruang akomodasi kapal ro-ro, Tim Garuda Layang VIII untuk kategori prototype Electri Remote Control.

Dua  tim lainya tim Garuda Layang IX untuk kategori prototype fuel engine remote control, dan tim Garuda Layang X untuk kategori Prototype Autonomous Surface Vehicle. Keenam tim Garuda Layang beranggotakan 18 mahasiswa masuk tim inti, 10 mahasiswa dalam tim support lolos pada putaran final KKCTBN 2020.

Pada putaran Grand Final,  untuk setiap kategori hanya diambil lima besar tim yang dipilih berdasarkan  rangking awal penilaian dan tingkat kesiapan, Tim Garuda Layang XII kategori Redesain Layout  Ruang akomodasi penumpang kapal RoRo lolos lima besar bersama tim dari Universitas Brawijaya, Tim ITS, Tim PPNS, dan Tim Universitas Diponegoro,

Dalam Konter Itu, Tim Garuda Layang XIII akhirnya terpilih menjadi peringkat tiga, dibawah tim ITS yang menjadi peringkat dua, dan Tim Universitas Brawijaya yang menjadi peringkat pertama. Untuk Tim Garuda Layang X, Lolos lima besar bersama Tim ITS, Tim PPNS, Tim UNY, dan Tim UNS, Dalam Konteks ini, tim Garuda Layang X meraih peringkat lima.

saat pengumuman dan penutupan KKCTBN 2020 di Hotel Rays Malang, tim Garuda Layang mendapatkan kejutan dengan terpilih kategori Best Spirit, ini kategori penghargaan dan apresiasi panitia pusat KKCTBN dan PUSPRESNAS Kemendikbud, Terpilih menjadi Best Spirit itu, mencerminkan semangat para mahasiswa Teknik Manufaktur Kapal POLIWANGI dalam mengikuti ajang KKCTBN 2020 yang penuh perjuangan dengan segala keterbatasan.

LOMBA KKCTBN 2020 Teknik Manufaktur Kapal

 

"Mengikuti KKCTBN 2020 merupakan pengalaman yang berharga, karena sifat KKCTBN itu kontes" ujar perwakilan mahasiswa tim Garuda Layang XIII, Ahmad Hidayat. Prestasi ini diraih dengan persiapan yang matang dan budaya kompetisi, Dan semoga di masa mendatang kami bisa lebih baik lagi, ungkapnya.

Dosen Teknik Manufaktur Kapal Bapak Hery Inprasetyobudi S.T.,M.T yang mendampingi delegasi tim Garuda Layang pada ajang KKCTBN 2020  Mengamini yang disampaikan mahasiswanya. ia berharap para mahasiswanya tetap menjaga semangat dan kebersamaan dalam ajang apapun, dengan semangat integralistik Poliwangi, tercermin pada sikap yang dibawa oleh para mahasiswa. " sebenarnya ajang kontes, lomba, dan kompetisi, itu salah satu cara untuk benchmarking diantara kampus-kampus lain di Indonesia.